Dialog Papua-Jakarta, Sembilan Aktor Perlu Terlibat

Metrotvnews.com, Jakarta: Koordinator Jaringan Damai Papua Pater Dr Neles Tebay mengatakan ada sembilan aktor yang perlu dilibatkan dalam dialog Jakarta-Papua.

 

Namun, menurutnya, perlu materi dialog dan tempat yang disepakati antara Pemerintah Indonesia dan gerilyawan Papua Merdeka.

 

“Sejak 2009 sampai saat ini, kata dialog Papua dianggap tabu. Karena dikaitkan dengan Papua Merdeka,” kata Pater Neles dalam diskusi Masa depan Papua di tengah politik Pemilu 2014 di Kantor Imparsial, Jalan Slamet Riyadi Raya No 19, Matraman, Jakarta, Jumat (15/3).

 

Kesembilan aktor itu adalah, Tentara Nasional Papua Barat atau Organisasi Papua Merdeka yang bergerilya di hutan Papua, Orang papua yang ada di Papua, Paguyuban di Papua, TNI, Polri, Investor, Orang Papua yang berada di luar negeri, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat.

 

Peraih penghargaan The Tji Haksoon Justice & Peace Award pada 13 Maret 2013, di Seoul, Korea Selatan, itu menyebut sembilan aktor itu perlu diberi ruang berdialog untuk mencapai kata damai di Papua.

 

Pater juga mengatakan kemajemukan masyarakat Papua banyak dilihat sebagai hambatan untuk berdialog. Sehingga perlu adanya fasilitator yang benar-benar dipercaya dan bisa membawa aspirasi antara gerilyawan Papua Merdeka dengan Pemerintah Pusat.

 

Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/03/16/1/138784/Dialog-Papua-Jakarta-Sembilan-Aktor-Perlu-Terlibat

Scroll to Top