Dialog Nasional Dalam Kerangka NKRI, Solusi Tepat

Jayapura– dialog Nasional dalam kerangka NKRI merupakan solusi yang paling tepat, dalam mengatasi berbagai persoalan Papua yang sampai saat ini belum terselesaikan, sehingga berimbas kepada terhambatnya pembangunan di Papua.

Menurut anggota DPD RI Pendeta Carles Simare-mare, bahwa dialog nasional, pemerintah bisa menjaring langsung aspirasi atau keinginan rakyat Papua yang saat masih ini banyak yang bertolak belakang dengan pemerintah.

“Dialog dengan pemerintah pusat merupakan keinginan masyarakat, tentu dialog dalam bingkai NKRI, ini agar aspirasi kemauan orang Papua yang selama ini menjadi beban pergumulan mereka, betul-betul bisa didengar langsung dan bukan lagi meraba-raba, menduga-duga atau katanya-katanya tetapi berdasarkan kenyataan riil rakyat Papua akar rumput,” ungkapnya dalam dialog publik anggota DPD RI Pendeta Charles Simare-mare dengan masyarakat Papua di Hotel Talent Jayapura, Sabtu (9/5).

Pdt,Charles menjelaskan bahwa dengan dialog ini dipastikan akan terbangun komunikasi antara masyarakat Papua dengan pemerintah. Dengan begitu pemerintah pun bisa membuat kebijakan dengan benar dan tepat sasaran sesuai keinginan dan harapan masyarakat.

“Suara-suara masyarakat Papua yang selama ini tidak sampai ke pemerintah pusat akan terdengar. Maka dari itu ini sangat penting untuk mengambil kebijakan dalam membangun Papua,” tandasnya.

Mantan anggota DPR Papua ini berjanji, akan menyampaikan aspirasi masyarakat Papua untuk melakukan dialog kepada pemerintah pusat. Apalagi dirinya merupakan anggota DPD RI perwakilan dari Papua. “ Sebagai wakil dari Papua, tentu saya akan perjuangkan agar terjadi dialog ini,” ujarnya.

Sementara itu seorang pengamat politik Marinus Yaung mengatakan banyak suara rakyat Papua yang selama Ini masih tersumbat, sehingga suara-suara ini tidak terdengar oleh pemerintah pusat.

“Maka Dari itu, dialog Nasional dalam kerangka NKRI menjadi solusi yang tepat. Dengan begitu bisa dipastikan kebijakan pemerintah dalam membangun Papua akan tepat sasaran. Bahkan segala permasalahan di Papua bisa diatasi dengan baik,” jelasnya yang juga sebagai pembicara dalam dialog publik dengan DPD RI itu.

Begitu juga dengan Profesor Tobing yang juga akademisi Universitas Cenderawasih, kunci utama dalam menyelesaikan berbagai persoalan di Papua harus dimulai dengan dialog atau komunikasi.

Dialog ini akan membuka mata hati rakyat Papua dan pemerintah. Lalu akan terbangun sinergitas. Sehingga apa yang dibuat pemerintah pusat melalui kebijakannya akan tepat sasaran, dan akan terbentuk kepercayaan masyarakat dari hadirnya pemerintah ditengah-tengah mereka,” paparnya.

Cepos:Senin 11 Mei 2015 hal 11

Scroll to Top