neles tebay

Dialog Jakarta-Papua Terus Diperjuangkan

neles tebayPastor Neles Kebadabi Tebay Pr Pastor Neles Tebay: Kecurigaan untuk  Kepentingan Papua Merdeka Makin Berkurang

 

JAYAPURA — Jaringan Damai Papua (JDP),  diam-diam kini terus bejuang untuk mewujudkan rencana dialog Jakarta-Papua untuk menyelesaikan masalah Papua.  Upaya yang dilakukan JDP tersebut sudah mulai ada kemajuan. Antara lain  dengan mulai adanya dukungan  pelbagai  dari pihak  yang makin menguat.  Sebaliknya,  kecurigaan  Dialog Jakarta-Papua  seakan-akan untuk kepentingan  Papua yakni Merdeka makin  hari  maki berkurang. Koordinator Jaringan Damai  Papua (JDP) Dr. Neles Tebay, Pr ketika  ditemui usai Seminar Sehari DPD KNPI Kota Jayapura Memperkokoh Kerukunan Antar Umat  Beragama Meyongsong Papua Tanah Damai di Grand Abe Hotel, Sabtu (22/2) menuturkan,  tujuan Dialog Jakarta-Papua untuk mengurangi rasa kecurigaan baik antar sesama penduduk Papua maupun juga antara Papua dan Jakarta, maka  dipandang  kepercayaan  itu akan mulai terbangun.

Lantas mengapa  Dialog Jakarta-Papua sudah diterima pelbagai  pihak  baik di Jakarta maupun  Papua,  tapi belum terwujud, ujar rohaniawan Katolik  ini karena belum ada pertemuan-pertemuan secara  teratur antara pihak Papua dan Jakarta.  Lanjut  Neles Tebay,  kecurigaan Dialog Jakarta–Papua diboncengi  kepentingan  politik Papua Merdeka,   yang telah ada dari tempo dulu hingga  kini masih ada, sehingga  JDP  terus  berupaya mendorong dan memfasilitasi pertemuan-pertemuan di pelbagai  level baik di Papua maupun antara Papua  dan Jakarta.  Karena  itu,  tukas  Neles Tebay,  pihaknya telah  merencanakan pertemuan Dialog Jakarta-Papua  membahas  tentang konsep  Papua  tanah damai,  indikator-indikator dari Papua tanah damai, masalah-masalah yang menghambat sampai Papua  belum jadi tanah damai serta solusi-solusi atas  masalah itu agar Papua menjadi tanah damai. Pertama, Papua tanah damai apa indikatornya, Kedua, apa masalahnya. Ketiga, solusi  atas masalah-masalah Papua tanah damai.    “Papua tanah damai itu  akan dibahas relevansinya dari  beberapa  perspektif.  Papua tanah damai dari perspektif  pendidikan, Papua tanah damai dari perspektif politik, Papua tanah damai dari perspektif kesehatan, Papua tanah damai dari perspektif  ekonomi,  Papua tanah damai dari perspektif keamanan dan lain-lain,” beber Neles Tebay.

 

Menurut Rektor STFT Fajar Timur Padang Bulan ini, pihak-pihak yang  telah mendukung  gagasan Dialog Jakarta-Papua. Masing-masing   akademisi-akademi Indonesia yang berasal dari pelbagai Perguruan Tinggi  negeri maupun  swasta dari Aceh hingga  Papua, yang mereka  beri nama Forum Akademisi  Papua  Damai (FAPD). Aktivis LSM di Papua dan Jakarta. Para politisi di DPR RI  terutama Komisi  I DPR  RI. DPD RI dan lain-lain. (Mdc/don/l03)

 

Sumber:http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/k2-information/halaman-utama/item/13432-dialog-jakarta-papua-terus-diperjuangkan

Scroll to Top