Dialog Jakarta-Papua Tergantung SBY

RADARPAPUA.COM, Manokwari – Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy berpendapat jadi tidaknya dialog Jakarta-Papua tahun ini tergantung kemauan baik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Beberapa hari terakhir kabar terkait dialog Jakarta-Papua sedang jadi perhatian publik. Ini menyusul pernyataan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Alberth Hasibuan yang menyebut dialog tersebut berpeluang digelar pada 2013 ini.

 

Dalam pernyataannya lewat surat elektronik, Warinussy menegaskan dialog Jakarta-Papua sangat strategis untuk bisa menaikkan posisi tawar Pemerintah Indonesia di mata dunia internasional. Ini karena Indonesia sudah banyak terlibat dalam penyelesaian sengketa dan konflik sosial-politik di sejumlah negara, sebut saja di Philipina Selatan, Myanmar, Palestina dan Bosnia-Hersegovina maupun Libanon.

 

“Jika Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden SBY mau dan bersedia berdialog dengan rakyat Papua, maka ketidakpercayaan rakyat Papua yang terus memuncak, akan makin surut dan kian memperoleh sambutan positif, “ tulis Warinussy. (rex)

 

Sumber: http://radarpapua.com/index.php/2012-10-09-14-56-15/manokwari/1400-dialog-jakarta-papua-tergantung-sby

Scroll to Top