Dialog Damai Solusi Selesaikan Masalah Papua

JAYAPURA [PAPOS] – Koordinator Jaringan Damai  Papua (JDP) Dr. Neles Tebay, Pr mengatakan, dialog merupakan solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Papua. Karena itu, JDP  terus bejuang untuk mewujudkan rencana dialog Jakarta-Papua  guna menyelesaikan masalah Papua.

 

“Upaya yang dilakukan JDP untuk menfasilitasi dialog Jakarta- Papua sudah mulai ada kemajuan. Dukungan dari berbagai pihak juga makin menguat. Bahkan, kecurigaan dialog Jakarta-Papua yang selalu dipersepsikan untuk kepentingan Papua Merdeka juga semakin berkurang,”tandasnya.

 

Tebay menyampaikan tujuan Dialog Jakarta-Papua untuk mengurangi kecurigaan, baik antar sesama penduduk Papua maupun Papua dan Jakarta, harus terus dibangun untuk mendapatkan kepercayaan.

 

Dia mengakui, meskipun kecurigaan semakin menurun dan mulai diterima oleh berbagai kalangan, namun sejauh ini Dialog Jakarta-Papua masih belum bisa diwujudkan, karena belum adanya pertemuan-pertemuan secara  teratur antara pihak Papua dan Jakarta.

 

Untuk membangun kepercayaan itu lanjutnya, pihaknya akan merencanakan pertemuan dialog Jakarta-Papua guna membahas konsep Papua Tanah Damai, dengan merumuskan indicator-indikator, permasalahan-permasalahan yang ada di Papua serta solusi-solusinya.

 

“Papua tanah damai itu harus diperspektifkan disemua bidang, baik pendidikan, bidang kesehatan dan politik serta ekonomi. Dengan ada indicator yang jelas, maka apa yang kita harapan dari Papua Tanah Damai ini bisa terwujud,” demikian Koordinator Jaringan Damai  Papua (JDP) Dr. Neles Tebay, Pr. [nur]

 

Sumber:http://www.papuapos.com/index.php/utama/item/4090-dialog-damai-solusi-selesaikan-masalah-papua

Scroll to Top