DAP: Dialog Jakarta-Papua Penting Bagi Konflik Papua

Abepura, Jubi – Dewan Adat Papua (DAP) menilai pelaksanaan dialog Papua Jakarta yang menjadi aspirasi rakyat Papua sejak kongres Papua 2000 hingga kini menjadi relevan bila pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresponya.

 

“Respon aspirasi dialog lebih baik, sebelum merealisasikan konsep pembangunan Papua yang menjadi rancangan Presiden Jokowi,   supaya realisasi pembangunan dapat diterima rakyat Papua,” kata Sekretaris DAP, Wilem Rumasep saat dihubungi Jubi, Minggu (2/11).

 

”Pembangunan rakyat Indonesia itu harus jadi yang utama tetapi dialog itu sangat penting bagi penyelesaikan konflik Papua,” kata Rumasep menambahkan.Walaupun itu penting dan mendesak, kapan pemerintah harus respon, Rumasep menyerahkan kepada kesediaan pemerintah Indonesia.

 

“Pemerintah yang harus mau membuka diri untuk berdialog dengan rakyat Papua. Soal kapan mau dialog dengan Papua, itu terserah Jokowi,” kata pria asal pulau karang, Biak ini.

 

Rumasep tidak mau mendesak waktu karena aspirasi dialog telah lama menjadi aspirasi rakyat Papua, namun pemerintah Jakarta tidak pernah meresponya dengan baik.“Pemerintah terkesan tak serius menyelesaikan konflik Papua dari pemerintahan ke pemerintah. Selama ini kan semua tahu Jakarta tidak serius, takut atau semacam itu,” katanya.

 

Kalau tidak serius akibat, pemerintah Jakarta merasa masalah Papua masalah sepele dan tidak penting dialog, orang Papua merasa sangat penting. “Karena itu, orang Papua terus mencari jalan menyelesaikan masalahnya. Beliau (Jokowi) harus ingat bahwa persoalan Papua itu serius dan sedang Go International. Biar dia malas tahu juga, Papua selangkah lagi sudah masuk sub kawasan Melanesia,” tegasnya.

 

Ketua DAB Balim, Lemok Mabel, pekan lalu kepada Jubi mengatakan, dialog Papua0Jakarta yang sedang diperjuangan Jaringan Damai Papua (JDP), menjadi perjuangan masyarakat adat Papua. Masyarakat adat Papua telah memberikan mandat kepada JDP untuk memperjuangan dialog rakyat Papua dengan pemerintah Indonesia di Jakarta.“Kita sudah memberikan mandat kepada Pater Neles Tebay dan JDP memperjuangan aspirasi dialogjadi apa yang mereka bicara itu mandate rakyat Papua,” kata Mabel.

 

Sumber:http://tabloidjubi.com/2014/11/02/dap-dialog-jakarta-papua-penting-bagi-konflik-papua/

Scroll to Top