buya-syafi-i-ma-arif

Buya Syafi’i: Selesaikan Konflik di Papua dengan Dialog!

buya-syafi-i-ma-arifYOGYAKARTA – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Syafi’i Ma’arif, mengaku prihatin dengan meningkatnya eskalasi konflik di Papua belakangan ini.

Konflik yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa itu, tegas dia, harus segera diselesaikan. Salah satunya dengan rekonsiliasai atau dialog antara masyarakat Papua dengan Pemerintah Pusat di Jakarta.

 

“Penyelesaian konflik di Papua harus menggunakan dialog. Dialog harus dibangun dengan baik. Saya belum melihat tindakan itu dari pemerintah (Jakarta),” jelas pria yang akrab disapa Buya itu dalam diskusi buku “Angkat Pena demi Dialog Papua” di Gedung Theatrikal Fakultas Dakwah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu (20/6/2012).

 

Menurutnya, pemerintah baru sebatas memiliki rencana untuk berdialog, namun diimplementasikan. “Pemerintah itu tugasnya memerintah, bukan mengimbau,” sindirnya.

 

Pendekatan keamanan, lanjut dia, tidak bisa menyelesaikan konflik di Bumi Cendrawasih itu. Bahkan berpotensi menimbulkan konflik-konflik baru jika dilakukan dengan pengerahan pasukan.

 

“Bangsa Indonesia sudah terlambat saling menyapa. Untuk itu, pemerintah harus berinisiatif menyapa. Bukan hanya di Papua, tetapi di wilayah lain di Indonesia,” pungkasnya. (ton)

 

Sumber: http://news.okezone.com/read/2012/06/20/337/650413/buya-syafi-i-selesaikan-konflik-di-papua-dengan-dialog

Scroll to Top