bem uncen

BEM Uncen Dukung Dialog Jakarta-Papua

bem uncenJUBI — Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Cenderawasih (BEM Uncen) mendukung proses dialog antara pemerintah pusat di Jakarta dengan orang Papua untuk menyelesaikan berbagai masalah di Papua.

 

Menurut mereka, hasil yang dicapai Konferensi Perdamaian Papua (KPP) 5-7 Juli 2011 menjadi catatan penting yang disepakati, dan perlu diterima pemerintah pusat demi tercapai proses dialog yang bermartabat.

 

“Karena pemikiran yang kita lontarkan selama ini dianggap separatis. Harapan besar kita, semua pikiran orang Papua disatukan demi tercapai cita-cita bersama yaitu Papua yang damai,” kata Ketua BEM Uncen, Benyamin Gurik, di Abepura, Papua, Jumat.

 

Lanjut dia, KPP merupakan wadah bagi orang Papua untuk menyampaikan berbagai keluhannya terkait berbagai masalah yang dihadapi selama ini. Karena itu, gelar dialog yang digagas Jaringan Damai Papua (JDP) dinilai sebagai langkah tepat.

“Ya, pada prinsipnya, kami mendukung proses dialog, karena pendekatan militer di Papua tidak akan menyelesaikan masalah,” terang Gurik.

 

Ketua BEM Fakultas Hukum Uncen, Thomas Ch. Syufii mengatakan, pemerintah pusat diharapkan menerima keluhan orang Papua dengan jalan dialog.

 

Menurut Thomas, berbagai masalah telah membelenggu Papua, semisal pelanggaran HAM, ketidakadilan sosial, dan marjinalisasi.

 

“Kami mengharapkan, pemerintah pusat bertekad baik untuk menyelesaikan berbagai masalah di Papua dengan cara damai, demokratis, dan humanis,” ujar Thomas. (J/10)

 

Sumber: http://tabloidjubi.com/jayapura/13114-bem-uncen-dukung-dialog-jakarta-papua

Scroll to Top