SOCRATES

AS Dukung Penuh Dialog Jakarta-Papua?

SOCRATESPdt.Socratez Sofyan Yoman ( Foto:Binpa)JAYAPURA Ketua Umum Persekutuan Gereja Baptis Papua (PGBP), Socratez Sofyan Yoman, mengklaim, kebijakan luar Ngeri Pemerintah Amerika Serikat (AS)saat ini adalah mendukung penuh dialog Jakarta-Papua.
 Sebagaimana hal itu terlihat dalam berbagai kebijakan Pemerintah AS belakangan ini, apalagi dengan adanya kunjungan delegasi Menteri Pertahanan Keamanan AS ke Indonesia, yang secara tidak langsung mau melihat kondisi yang terjadi di Indonesia.  “Jadi itulah politik luar negeri AS terhadap Papua untuk mendukung dialog Jakarta-Papua,” ungkapnya kepada Bintang Papua, via ponselnya, Rabu, (28/8).

 

Apalagi kenyataannya bahwa masalah Papua dengan UU No 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua memang sebuah kemenangan Indonesia dan berprospek damai dan adil bagi orang asli Papua, tapi sayangnya tujuan mulia  dan bermartabat itu telah gagal total.


Malahan yang terjadi adalah banyk terjadi dugaan kasus korupsi, pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan pembunuhan rakyat sipil di Papua yang sudah menjadi momok bagi komunitas Internasional. Kemudian belum lagi Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) yang diturunkan, namun juga  belum  mampu menjawab masalah yang dialami rakyat Papua. Bukan itu saja, Utusan Khusus Presiden RI, dr. Farid Husein kecewa dan mundur dan gagal dalam menyelesaikan tugas yang diperintahkan Presiden SBY.


Kebijakan dan solusi terakhir Pemerintah Indonesia adalah Otsus Plus, yang lucunya naskah akademiknya dijiplak alias copy paste oleh Staf Khusus Presiden

 

Bidang Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, ternyata naskahnya dari UU Pemerintahan Aceh.  Tindakan tersebut jelas sangat mengecewakan, menghina, dan memalukan para cendekiawan Papua. 


Semua solusi ini tidak mampu menyelesaikan masalah Papua yang sangat kompleks, sehingga solusi yang terbaik dan tepat adalah dialog damai dan setara antara Pemerintah Indonesia dan rakyat Papua tanpa syarat dan dimediasi pihak ketiga di tempat yang netral.


 “Satu-satunya solusi yang ada saat ini adalah dialog Jakarta – Papua, tidak ada solusi lain yang diinginkan oleh rakyat Papua. Harus dialog supaya semua unek-unek dan masalah-masalah yang selama ini dialami oleh rakyat Papua bisa terungkap,” jelasnya.(Nls/Don/l03)

 

Sumber:http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/k2-information/halaman-utama/item/7960-as-dukung-penuh-dialog-jakarta-papua

Scroll to Top