Aktivis HAM Minta Jokowi Gelar Dialog Damai Jakarta-Papua

Yan Christian Warinussy, peraih penghargaan internasional di bidang HAM “John Humphrey Freedom Award” pada 2005 dari Kanada, meminta agar rakyat Papua mendesak Joko Widodo menggelar dialog damai Jakarta-Papua jika terpilih menjadi Presiden 2014-2019.

 

“Saya selaku salah satu Pembela Hak Asasi Manusia di Tanah Papua mengajak seluruh komponen perjuangan demokrasi, hak asasi manusia dan politik agar segera mendesak Jokowi dan Jusuf Kalla untuk gelar dialog Jakarta-Papua jika keduanya menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia berikutnya,” kata Warinussy, ketika dihubungi dari Jayapura, Papua, Selasa.

 

Ia mengatakan, dorongan agar terlaksana dialog Jakarta-Papua itu patut dilakukan, mengingat Jokowi dan JK merupakan kandidat Presiden dan Wakil Presiden yang ditengarai meraih suara terbanyak sementara berdasarkan perhitungan cepat dari lembaga-lemabag survei independen dan terpercaya.

 

“Ini untuk memperjelas komitmen dan tanggung jawab politiknya (Jokowi-JK) atas masalah keamanan dan mendorong dilaksanakannya dialog Jakarta-Papua,” kata ketua LP3BH Manokwari itu.Sementara itu, secara terpisah salah satu tokoh politik kawakan yang juga ketua PDIP Papua Komarudin Watubun mengatakan dialog tersebut bisa saja dilaksanakan asalkan mempunyai aturan dan batasan-batasan yang jelas.”Dialog ini harus jelas isinya. Harus punya bingkai yang tepat, apa yang dibicarakan dan siapa-siapa saja yang duduk untuk membicarakan hal itu,” katanya.

 

Jika hal itu tidak dilakukan meskipun dilakukan hingga berulang-ulang kali, maka substansi yang akan dicapai dari dialog damai yang dimaksud tidak bisa tercapai.”Disini kita harus sepakat dulu. Siapa yang mewakili Papua dan siapa yang mewakili Jakarta.Lalu konteksnya apa? Ini harus diperjelas, jangan bawa agenda yang tidak jelas,” katanya.Jika hal itu tidak dilakukan secara cermat dan tepat, lanjut Komarudin yang telah menjadi anggota DPR RI terpilih 2014-2019 itu, maka rakyat Papua yang akan dirugikan.”Sudah pasti rakyat Papua yang akan rugi jika dialog itu tidak fokus. Pak Jokowi pasti akan menggunakan cara-cara yang demokrasi untuk menyelesaikan masalah Papua,” katanya.

 

Sumber:http://www.klikpositif.com/news/read/9860/aktivis-ham-minta-jokowi-gelar-dialog-damai-jakarta-papua.html

Scroll to Top