100 Hari Lukmen Harus Laksanakan Dialog

Jayapura, 9/10 (Jubi) – Direktur Eksekutif Imparsial, Poengky Indarti mendesak Gubenur Provinsi Papua, Lukas Enembe dan wakilnya Klemen Tinal (Lukmen)  yang baru dilantik  oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi untuk mendukung Papua Tanah Damai dengan cara menggelar  dialog Jakarta-Papua.

 

“Terkait pelantikan Lukas Enembe dan Klemen Tinal, kami desak, 100 hari pertama, menunjukkan perannya untuk mendukung Papua sebagai tanah damai dengan cara dialog,” kata Poengky di Padang Bulan, Kota Jayapura, Papua, Selasa (9/4). Selain itu, Poengky meminta Presiden SBY untuk menyikapi persoalan Papua secara serius dengan menyatakan kesediaan berdialog. “SBY harus turun ke Papua untuk melihat dari dekat dan mengupayakan persiapan dialog,” ujar dia.

 

Kordinator ALDP (Aliansi Demokrasi untuk Papua), Latifah Anum Siregar berharap agar perlunya perhatian pemerintah pada upaya demokrasi, peningkatan hak-hak dasar masyarakat dan penyelesaian ketidakadilan sosial.
 

“Kekuatan masyarakat sipil harus dibenahi dan diperbaiki, karena tahun ini menjadi tahun tantangan bagi rakyat sipil. Ada banyak tantangan dan berpengaruh pada gesernya gerakan rakyat sipil. Dialog sebagai model pendekatan untuk menyelesaikan maslah tanpa kekerasan,” kata Anum.

 

Sementara itu, aktivis HAM Papua, Pastor John Jonga, Pr. mengatakan, agar gubernur yang baru dapat melaksanakan pelayanan yang maksimal. Setidaknya bisa menjangkau semua masyarakat Papua di setiap pelosok.

 

“Masyarakat berharap pada gubernur baru, bahkan sampai Papua merdeka. Tetapi menurut saya, yang lebih penting adalah pelayanan lebih maksimal, dana Respek atau PNPM mandiri harus sampai ke kampung,” kata Pastor yang bertugas di Wamena, Jayawijaya ini. (Jubi/Timoteus Marten)

 

Sumber:http://tabloidjubi.com/2013/04/09/100-hari-lukmen-harus-laksanakan-dialog/

juga Berita yang sama ikuti link ini: http://www.portalkbr.com/nusantara/papua/2587081_4263.html

http://www.aldp-papua.com/gubernur-papua-diminta-dukung-dialog-jakarta-papua/

Scroll to Top